Rupiah Palsu Seri Baru Sudah Beredar di Indonesia, Ini Cara Membedakannya

Peredaran uang palsu kembali meresahkan warga Indonesia. Baru-baru ini, seorang netizen mengunggah foto-foto uang palsu yang diduga sudah beredar luas di tengah masyarakat.

Pengguna Facebook bernama Budiyanto Chen, mengunggah beberapa gambar yang memperlihatkan perbedaan antara uang rupiah palsu dan uang rupiah asli, Kamis (30/3/2017). Secara sekilas, kedua uang palsu dan asli memiliki bentuk yang serupa . Namun ketika diteliti lebih lanjut, banyak perbedaan di dalamnya.

“Hati2 ya guys, uang palsu type terbaru sudah beredar. Semoga informasi ini berguna membantu bagi kita semua, semoga Bank Indonesia dan Kepolisian kita cepat mengusut uang palsu yang jelas merugikan masyarakat kita. #uangpalsu #waspada,” ujar Budiyanto di akun Facebook pribadinya.


Dalam postingan tersebut, Budiyanto menampilkan delapan gambar yang memperlihatkan secara detil perbedaan antara uang asli dan palsu.

Dalam salah satu foto, terlihat perbedaan yang amat jelas di antara uang palsu dan asli. Rupiah palsu memiliki warna yang sedikit lebih terang dari rupiah asli. Selain itu, gradasi warga uang palsu juga tak sempurna, dibandingkan uang asli.


Di gambar berikutnya, gambar watermark pahlawan yang juga tak tampak di uang palsu. Di samping itu, kualitas kertas juga terlihat cukup berbeda. Kertas rupiah palsu terlihat lebih mudah lecek ketimbang uang asli.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari pihak Bank Indonesia, terkait informasi peredaran uang rupiah palsu seri terbaru. [opinibangsa.id / kc]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rupiah Palsu Seri Baru Sudah Beredar di Indonesia, Ini Cara Membedakannya