CATAT! Ini Hal Menarik Dibalik Kunjungan Raja Salman Ke Indonesia

Pada tanggal 1 hingga 9 Maret 2017 nanti, Raja Salman berencana akan datang ke Indonesia untuk bersantai dan melakukan beberapa kerjasama dengan Indonesia, termasuk investasi emas.

Kunjungan Raja Salman ini telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada Selasa 21 Februari 2017 lalu. Sementara itu, pihak kenegaraan Raja Salman belum mengonfirmasi jadwal Raja Arab Saudi di Indonesia. Namun, yang pasti Sang Raja ingin menghabiskan waktunya di Bali.

Oleh sebab itu, segala persiapan telah disiapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menyambut kedatangan Raja Salman.

Ada 4 fakta menarik di balik kedatangan Raja Salman ke Indonesia.


1. Kunjungan Bersejarah Setelah 47 Tahun

Sebelum Raja Salman, Raja Faisal pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1970. Setelah 47 tahun berlalu, belum pernah sekalipun Raja Arab Saudi kembali berkunjung ke Indonesia. Hingga akhirnya Raja Salman akan menginjakkan kaki di tanah Indonesia untuk mengunjungi Bali dan membicarakan beberapa hal mengenai investasi kenegaraan dengan Presiden Indonesia, Jokowi.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, menyebut kunjungan Raja yang diangkat pada tahun 2015 lalu itu bersejarah. "Ini adalah kunjungan bersejarah bagi kita karena kunjungan terakhir Raja Arab saudi adalah tahun 1970, sekitar 47 Tahun yang lalu."


2. Bawa 1.500 Orang
Raja Salman datang bersama rombongan 1.500 orang termasuk 10 menteri dan 25 Pangeran Ârab istimewa

Ada yang menarik dari kunjungan Raja yang kini berusia 81 tahun tersebut, Raja Salman berencana membawa 1.500 orang ke Indonesia awal Maret nanti. Jumlah ini termasuk 10 menteri dan 25 pangeran Arab Saudi.

Ada sekitar 29 penerbangan untuk mengangkut 1.500 orang beserta barang bawaan Raja Salman saat tiba di Indonesia nanti. Penerbangan ini terdiri dari 20 penerbangan yang mendarat di bandara Halim Perdana Kusuma dan 9 penerbangan yang mendarat di Denpasar, Bali.

Sementara itu, kargo rombongan Raja Salman telah sampai terlebih dahulu pada 15 Februari 2017 hingga 27 Februari 2017 nanti.

3. Disediakan Eskalator Khusus Penyambutan Raja

Hal unik lain pada kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz ini adalah disiapkannya eskalator khusus untuk digunakan oleh rombongan sang raja. Tangga khusus ini dikirimkan langsung dari Arab Saudi untuk Raja Salman. Bahkan tangga ini juga dikirimkan ke Bali tepat setelah digunakan Raja Salman saat tiba di Jakarta nanti.

Raja Salman diberitakan akan menghabiskan 3 hari pertama di Jakarta untuk berbincang dengan Presiden Jokowi. Enam hari setelahnya, Raja Salman beserta 10 menteri dan 25 pangeran akan liburan di Bali.

4. Disambut Langsung oleh Presiden Jokowi

Raja Salman akan disambut istimewa oleh Presiden Jokowi

Dalam kunjungan yang berselang 47 tahun dari kunjungan Raja Faisal ini, Raja Arab Saudi akan disambut langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Penyambutan tersebut istimewa karena Presiden Jokowi juga disambut dengan ramah oleh Raja Salman saat berkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu silam.

Tujuan penyambutan ini adalah sebagai bentuk balas budi sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan Arab Saudi. 
Sumber: yesmuslim

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CATAT! Ini Hal Menarik Dibalik Kunjungan Raja Salman Ke Indonesia