PERUBAHAN REGULASI MOTO GP 2016 YANG PERLU DIKETAHUI SAAT INI


Suasana balapan MotoGP saat baru memulai start di Sirkuit Indianapolis, AS, Senin (10/8/2015). Pada balapan itu Marquez menjadi yang tercepat diikuti Lorenzo dan Rossi ditempat kedua dan ketiga. (EPA/Erik S. Lesser)

Musim baru MotoGP 2016 segera dimulai. Seri di Losail International Circuit, Doha, pada Minggu (20/3/2016) bakal jadi balapan pembuka MotoGP 2016.

Berbeda dengan musim sebelumnya, ada beberapa perubahan regulasi yang dibuat untuk MotoGP tahun ini. Jalannya balapan MotoGP musim 2016 sendiri juga diyakini akan banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya.

Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, sengaja membuat sejumlah perubahan regulasi untuk para kontestan, agar MotoGP 2016 berjalan lebih seru. Berikut beberapa perubahan regulasi yang diterapkan mulai MotoGP musim 2016:

1 of 4

1. Electronic Control Unit (ECU)

Dorna memutuskan mencoret tim konstruktor yang pada 2015 atau sebelumnya dibagi ke dalam kategori tim pabrikan dan open class. Mulai musim 2016, semua peserta diwajibkan menggunakan ECU ciptaan Magneti Marelli. 

Musim lalu, ECU hanya dipasang pada motor Suzuki dan motor lain yang masuk kategori open class. Tim pabrikan macam Honda, Yamaha, dan Ducati diizinkan menggunakan ECU mereka sendiri.

Meski begitu, tiga tim itu masih memiliki hak khusus untuk meminta perubahan setelah ECU kepada pemasok. Namun, biaya untuk perubahan itu harus ditanggung sendiri oleh masing-masing tim.

Bila tim seperti Yamaha, Honda dan Ducati meminta perombakan mesin, maka penyelenggara MotoGP harus menurutinya dengan membiayai seluruhnya. Tapi sebaliknya, jika penyelenggara meminta mesin diubah, maka Yamaha, Honda dan Ducati tak boleh menolak alias tunduk pada regulasi.

2 of 4

2. Bobot Motor

Berat motor di MotoGP musim 2016 menjadi 157 kg atau 1 kg lebih ringan dari musim 2015. Dibandingkan aturan dua tahun lalu, berat motor dipangkas hingga 3 kg. 

Perubahan itu sengaja dibuat karena para pembalap yang meminta agar motor lebih mudah dikendalikan. Oleh karena itu, pengurangan satu kilogram dari berat motor dimasukkan dalam regulasi baru untuk MotoGP 2016.

Sesungguhnya, perubahan ini tidak banyak berarti dalam persaingan di lintasan. Hanya saja, tim mesti memutar otak mengurangi berat motor mereka hanya satu kilogram dari MotoGP tahun lalu. 

3 of 4

3. Bahan Bakar

Kapasitas bahan bakar motor ditambah menjadi 22 liter dari sebelumnya hanya 20 liter. Tapi, jumlah 22 liter tersebut bisa dibilang menyusut, karena pada MotoGP musim 2014, jumlah bahan bakar yang dipakai di open class mencapai 24 liter.

4. Ban

Ini adalah perubahan regulasi yang masih ramai diperbincangkan. Peran Bridgestone yang sudah jadi pemasok utama ban MotoGP sejak 2009 digantikan Michelin. 

Michelin sendiri sempat hengkang dari MotoGP pada 2008 setelah bersaing dengan Bridgestone. Bersama Michelin, diameter ban bertambah 0,5 inci dari ukuran 16,5 inci versi Bridgestone.

5. Sayap

Inovasi pemasangan sayap tambahan pada fairing depan motor Yamaha dan Ducati di musim 2015 boleh digunakan semua tim di musim ini. Namun, sayap yang dipasang harus memiliki jarak setidaknya 2,5 milimeter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PERUBAHAN REGULASI MOTO GP 2016 YANG PERLU DIKETAHUI SAAT INI