F1 GP Australia: Mobil Rio Haryanto Rusak Bukan Hal Yang Baru

Pebalap F1 Indonesia, Rio Haryanto menghadapi kenyataan pahit, gagal menyelesaikan balapan debut di GP Australia, Minggu (20/3/2016). Penyebabnya adalah kerusakan pada mobil MRT05 Manor Racing.

Harapan Rio untuk tampil hingga balapan selesai punah pada saat red flag berkibar, menyusul kecelakaan yang dialami Fernando Alonso dan Esteban Gutterrez, pada lap 18 di tikungan tiga. Balapan kemudian dihentikan karena puing-puing mobil Alonso dan Gutierrez harus dibersihkan dulu dari trek.

Saat seluruh mobil masuk pitlane, mobil Rio justru masuk ke garasi tim Manor Racing. Menurut aturan F1, mobil yang sudah masuk garasi tak boleh kembali lagi ke lintasan dan melanjutkan lomba.

Tak lama berselang, muncul penjelasan dari akun twitter tim Manor Racing, mobil Rio harus masuk garasi karena mengalami kerusakan pada bagian driveline. Saat dikontak, manajer Rio, Piers Hunnisett menyebut ada kerusakan pada girboks mobil.

Rusaknya mobil MRT 05 Manor Racing yang dipakai Rio ini bukanlah hal baru. Saat menjalani tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, pada awal Maret, mobil Rio juga sempat mengalami kerusakan.

Akibat kerusakan tersebut, Rio tak bisa menjalani tes secara maksimal. Saat itu mobil Rio rusak ketika akan menjalani tes terakhir pada hari keempat di Catalunya. Penjelasan dari tim Manor Racing, mobil MRT05 yang dipakai Rio mengalami kebocoran oli.

Lamanya waktu perbaikan membuat Rio Haryanto tak sempat menjajal mobil dalam waktu yang cukup. Akibatnya ia tak bisa memperoleh catatan waktu. Satu hal yang menjadi catatan, kegagalan Rio mencapai garis finish pada balapan debut di F1 GP Australia bukan disebabkan karena kesalahannya, melainkan akibat kerusakan teknis pada mobil. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : F1 GP Australia: Mobil Rio Haryanto Rusak Bukan Hal Yang Baru